Tidak dapat dipungkiri, internet membawa perubahan besar pada kehidupan manusia di muka bumi ini. Meskipun terpisah ribuan kilometer, manusia masih bisa melakukan banyak hal bersama termasuk melakukan sebuah kesepakatan bisnis. Apakah manfaat internet hanya bisa dirasakan oleh pengusaha besar saja yang notabene melakukan bisnis dengan rekan bisnis di manca negara? Tentu saja tidak karena pengusaha kecil sekalipun bisa mengambil manfaat internet untuk pengembangan usaha mereka.

Apa manfaat internet untuk pengusaha kecil?

  1. Harus diakui, pengguna internet yang terdiri dari jutaan orang dengan berbagai latar belakang kehidupan membuat internet memiliki banyak manfaat. Pengusaha kecil dapat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan internet, seorang pengusaha dapat mengiklankan usahanya ke seluruh dunia dan menyasar jutaan pengguna internet. Dengan biaya yang relatif murah, pemasaran dapat dilakukan secara global. Revolusi pemasaran ini mendobrak stigma di dunia bisnis bahwa pemasaran harus dilakukan dengan banyak biaya.
  2. Industri skala kecil bukanlah industri dengan tingkat permodalan yang kuat. Dengan menggunakan internet, ada banyak hal yang bisa dihemat hingga tidak perlu menggunakan banyak dana. Sebagai contoh, menggunakan internet sebagai ruang pamer (display) dalam konteks online store (toko online) akan membuat pengusaha memiliki peluang untuk menghemat biaya menyewa toko. Biaya menyewa toko yang cukup besar dapat dialihkan sebagai modal cadangan atau membuat beberapa situs sehingga mereka bisa memiliki beberapa display di internet. Langkah ini jauh lebih efektif dan efisien dibanding dengan menyewa toko. Menyewa toko masoih mengharuskan pengusaha tersebut mengeluarkan dana untuk mendesain toko serta mencari penjaga untuk toko tersebut. Artinya, dengan internet, ada beberapa pos pengeluaran yang bisa dihilangkan.
  3. Selain berfungsi sebagai ruang pamer, internet juga merupakan sebuah revolusi pemasaran. Revolusi pemasaran yang dimaksud di sini adalah kemampuan internet untuk menjamah jutaan orang dalam waktu relatif singkat. Pengusaha di skala industri kecil tidak harus membuat anggaran promosi dalam jumlah besar hanya untuk membeli ruang di surat kabar terkemuka dengan harga sangat tinggi untuk sebuah iklan dalam surat kabar tersebut.
  4. Bukti lain dari revolusi pemasaran karena internet adalah iklan di internet bersifat durable atau tahan lama, sementara iklan di surat kabar hanya bertahan 1 hari saja ketika surat kabar tersebut baru saja terbit. Selebihnya, orang akan melewatkan begitu saja karena surat kabar tersebut tidak lagi dibaca.
  5. Industri kecil juga dapat memanfaatkan website mereka sebagai media berkomunikasi dengan penjual. Website tersebut dapat digunakan juga sebagai media bagi pembeli untuk memesan langsung kepada pengelola industri kecil tersebut. Pembeli dapat memberikan masukan terhadap produk-produk yang tersedia lewat fitur interaktif khusus yang disediakan di situs tersebut.