peluang usaha saat pailitPerusahaan seolah-olah menjadi satu-satunya jalan keluar bagi para pegawai untuk menghidupi keluarganya Seringkali mereka merasa berada di ujung tombak ketika berhadapan dengan kondisi perusahaan yang sedang krisis bahkan pailit. Ada satu hal yang mereka takutkan, yaitu pemutusan hubungan kerja (PHK). Padahal, selalu ada hikmah di balik sebuah musibah. Perusahaan bangkrut dapat menjadi peluang usaha yang baik bagi mereka yang dapat memanfaatkannya. Apakah Anda salah satu dari mereka? Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa solusi untuk memperbaiki keadaan ketika perusahaan mengalami kebangkrutan.

• Memanfaatkan pesangon

Perusahaan pasti memberikan pesangon ketika melakukan PHK secara besar-besaran akibat krisis yang dialaminya. Pesangon tersebut dapat digunakan untuk memulai usaha baru. Apabila ditekuni, ini merupakan peluang usaha yang baik. Apalagi jika bisnis baru tersebut berkaitan dengan pekerjaan sebelumnya.

• Menunjukkan kualitas diri

Pegawai korban PHK juga dapat melamar ke perusahaan lain yang sejenis dengan perusahaan yang lama. Di sini Anda dapat mengembangkan kemampuan dan memulai segala sesuatu dari awal, tentunya dengan belajar dari pengalaman. Dengan semangat untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, prestasi kerja akan meningkat dan gaji pun juga akan mengalir sesuai dengan kinerja Anda. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda akan dipromosikan untuk naik jabatan.

• Bekerja sama dengan relasi

Bekerja sama dengan mantan relasi di perusahaan lama merupakan ide yang bagus. Pegawai korban PHK dan relasi akan mudah bekerja sama karena sebelumnya telah ada hubungan bisnis yang baik di antara keduanya. Di samping itu, Anda juga dapat bekerja di perusahaan milik relasi tersebut. Tentunya, peluang untuk dapat diterima akan lebih terbuka lebar karena pihak relasi pasti mengetahui prestasi kerja pegawai korban PHK saat menjalin sebuah kerjasama di masa lampau.

• Segera mengambil peluang yang ada

Kesempatan tidak datang dua kali. Untuk itu, setiap kesempatan yang ada harus dicoba dengan maksimal. Jangan merasa minder akan status “pegawai hasil PHK”. Tunjukkan kepada semuanya bahwa prestasi kerja Anda lebih baik karena Anda sudah banyak makan garam dibanding pegawai lainnya. Perusahaan biasanya lebih membutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional daripada tenaga kerja baru. Oleh karena itu, ini merupakan peluang yang besar bagi Anda untuk kembali berkarya.

• Belajar dari pengalaman

Yakinkan pada diri sendiri bahwa tidak akan ada perusahaan bangkrut untuk kedua kalinya karena pengalaman dan prestasi kerja Anda sehingga maka pemilik perusahaan yang baru juga akan yakin dan lebih mempertimbangkan Anda. Dengan pengalaman yang Anda miliki, Anda akan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Hal ini tidak hanya berpengaruh ketika Anda bekerja di perusahaan lain yang sejenis, namun juga bila Anda mendirikan sebuah lapangan kerja sendiri. Jangan sampai kesalahan masa lalu yang dilakukan oleh bekas perusahaan Anda terulang kembali pada bisnis baru Anda. Pengalaman adalah guru yang paling baik. Jadikan pengalaman sebagai pedoman untuk menciptakan peluang usaha yang menjanjikan.

Perusahaan pailit bukan akhir dari segalanya, begitu juga dengan pemutusan hubungan kerja. Buatlah situasi tersebut menjadi peluang usaha yang justru menguntungkan bagi Anda. Dalam menjalankan segala hal yang telah menjadi keputusan Anda, diperlukan semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah. Semoga solusi di atas membuat Anda bersemangat untuk memulai hal-hal baru.